Skip to main content

6 Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Sofa Rumah

Sofa merupakan furnitur wajib yang harus ada di dalam ruang tamu maupun ruang keluarga dalam setiap rumah. Tidak lengkap rasanya jika ruang tamu tidak memiliki sofa sebagai penunjang estetika pada ruangan tersebut. Namun karena beberapa alasan, kita seringkali lupa membersihkan dan merawat sofa di rumah. Tak sedikit juga pemilik rumah yang mendapati sofa mereka dalam kondisi yang memprihatinkan. Sofa yang tidak dirawat kebersihannya akan membuat sofa menjadi tidak nyaman lagi untuk digunakan. Alhasil sofa dibiarkan begitu saja hingga puluhan tahun. Jika sudah begini, solusi utama untuk menghasilkan sofa menjadi lebih baik lagi yaitu dengan melakukan service sofa. Namun tidak semua masalah membutuhkan jasa service sofa, Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mengetahui apa saja masalah yang sering terjadi pada sofa rumah Anda. Berikut ini adalah beberapa masalah umum yang sering terjadi pada sofa dan cara mengatasinya.

Sofa Rumah

Kotor
Ini adalah salah satu masalah umum yang sering kali terjadi pada sofa di rumah. Kotornya sofa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah kotor karena bekas makanan atau minuman, kotor karena debu dan kotor karena sofa tersebut terkena bekas benda berwarna yang meninggalkan jejak di sofa tersebut. Kotoran tesebut harus segera dibersihkan agar kotoran tidak menumpuk dan menyebabkan susah hilang saat sedang dicuci atau dibersihkan. Solusinya adalah dengan rajin membersihkan dan dengan menghindari aktivitas makan dan minum di sofa.

Pudar dan berubah warna
Sofa yang sudah berusia lama memang akan lebih cepat pudar karena sudah dimakan oleh waktu sehingga tampilannya yang sudah tidak menarik dan tidak kinclong lagi. Selain itu, warna sofa yang pudar dapat disebabkan karena seringnya terpapar sinar matahari sehingga membuat sofa berubah warna. Selian itu, salah dalam menggunakan bahan pembersih sofa juga bisa menyebabkan warna sofa menjadi pudar bahkan berubah warna. Solusinya adalah dengan mengubah posisi sofa agar tidak terpapar langsung sinar matahari, menggunakan bahan pembersih sofa yang sesuai dengan bahan dari sofa tersebut. Pastikan alat pembersih yang Anda gunakan tidak merusak permukaan sofa. Jika warna sofa sudah pudar atau berubah warna, Anda bisa mengganti permukaan sofa sehingga tampilan sofa kembali baru seperti sediakala.

Pecah, terkelupas, dan robek
Sofa yang pecah, terkelupas dan robek merupakan permasalahan yang sering terjadi pada sofa rumah. Hal ini bisa disebabkan karena paparan sinar matahari secara langsung atau salah menggunakan bahan-bahan pembersih sofa. Faktor usia juga mempengaruhi kualitas pada sebuah sofa. Semakin sering digunakan, maka sofa tersebut bisa mengalami masalah pada lapisan luar seperti robek atau terkelupas. Pada sofa dengan bahan kulit, rentan sekali terkena pecah, terkelupas bahkan robek karena bahan kulit ini memang membutuhkan perawatan yang ekstra. Solusinya, jauhkan sofa dari paparan matahari langsung dan hindari sofa dari benda-benda yang tajam yang dapat menimbulkan permukaan sofa terkelupas dan robek.

Berjamur
Berhati-hatilah jika Anda tinggal di daerah yang memiliki curah hujan dan tingkat kelembapan yang tinggi. Tempat yang lembap memang menjadi tempat yang nyaman bagi jamur untuk bisa tumbuh dan berkembang. Selain terdapat di permukaan luar, bisa saja jamur tersebut tumbuh di bagian dalam sofa. Karena itu, hindari penempatan sofa di tempat yang lembap. Tempatkanlah di tempat yang kering dan juga hangat. Tapi jangan biarkan bersentuhan langsung dengan sinar matahari karena akan merusaknya. Anda juga bisa membersihkannya dengan alat dan pembersih khusus agar tidak memberikan dampak lain kepada sofa. Dengan begitu, sofa kesayangan Anda akan terhindari dari masalah jamur.

Berbau
Bau yang tidak disedap yang ditimbulkan oleh sofa biasanya disebabkan oleh keberadaan jamur atau bertambahnya kelembapan pada sofa tersebut. Sofa yang mengeluarkan bau tentu akan mengganggu aktivitas di sekitar sofa dan pastiknya penghuni rumah maupun tamu yang berkunjung merasa tidak nyaman. Jangan khawatir, solusinya Anda bisa menjemur sofa. Anda juga bisa menggunakan akar wangi, bubuk kopi, baking soda atau cuka untuk menghilangkan bau yang tidak sedap tersebut. Selain itu, untuk mengurangi bau pada sofa Anda perlu rajin membersihkan sofa tersebut terutama pada permukaan sofa.

Lembek
Sofa yang empuk tentu menjadi favorit karena membuat nyaman siapapun yang duduk di atasnya. Tapi seiring dengan waktu, penggunaan sofa yang sudah bertahun-tahun akan membuat sofa semakin lembek. Hal ini dapat terjadi karena sofa menahan beban pada bagian atas dari sofa tersebut. Beban itu dapat timbul ketika kita duduk, tidur, loncat-loncat maupun menaruh barang di atas sofa tersebut. Kebiasaan buruk yaitu duduk di salah satu bagian sofa juga dapat membuat sofa menjadi lembek dan menjadi tidak nyaman. Jika sofa rumah Anda mengalami lembek, solusinya Anda bisa mengganti busa sofa tersebut.

Itulah beberapa masalah umum yang sering terjadi pada sofa di rumah. Dengan mengetahui masalah yang sering terjadi, tentu Anda bisa mencegah dan menanggulangi masalah yang timbul pada sofa Anda. Dengan begitu keindahan dan tampilan sofa rumah Anda tetap terjaga kualitasnya. Semoga informasi diatas bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

5 Sabun Transparan Terpopuler untuk Kecantikan

Penggunaan sabun wajah untuk membersihkan dan membuat kulit lebih cerah saat ini memang cukup marak. Salah satu sabun wajah yang digunakan adalah sabun transparan.

Di antara sabun tersebut, ada yang dibuat secara maklon atau customize sesuai kebutuhan Kamu. Nah, apa saja sih sabun tanpa warna yang terpopuler dan aman untuk kecantikan?

1. Sabun Transparan Pears
Sabun transparan pertama yang bisa Kamu pilih adalah sabun Pears. Sabun ini memiliki khasiat bisa membuat Kamu tampak lebih awet muda dan membuat kulit Kamu jadi lebih lembut.

Sabun ini mengandung minyak alami dan gliserin murni. Busanya juga lembut dan membuat Kamu nyaman tatkala menggunakannya.

2. Sabun Transparan ADEV Natural
Salah satu sabun transparan terpopuler dan sabun transparan terbaik di Indonesia yang memiliki manfaat untuk memutihkan wajah, mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan kulit adalah sabun transparan ADEV Natural.

Sabun yang satu ini merupakan sabun customize yang dibuat sesuai dengan kebutuhan Kamu. Sabun i…

Obat Telat Datang Telat Bulan Di Apotik

Gaya hidup yang tidak terpelihara mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Siklus menstruasi adalah proses sistem reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Menstruasi atau menstruasi adalah proses keputihan yang dihasilkan dari siklus alami dalam tubuh wanita. Biasanya, keterlambatan ini datang karena tubuh lelah, aktivitas berlebihan dan penurunan berat badan. Namun, itu juga bisa menjadi pertanda kehamilan.


Berikut dibawah ini ada beberapa obat telat datang bulan di apotik yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi mentruasi yang tidak lancar atau telat dengan periodenya.

Obat Tuntas
Banyak penyebab wanita yang telat periode mentruasi dengan menganggap kehamilan. Para wanita akan mencari obat alternatif untuk melancarkan mentruasinya karena tanda dari kehamilan bukan hanya ditandai dengan telat datang bulan, namun ada banyak tanda dan ciri yang harus Anda tahu.

Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa minum obat ini apabila saat ini mengalami mentruasi atau haid yang tidak lancar.  Un…

Tips Praktis dan Murah Merawat Sweater Rajut Kesayangan

Setiap baru gajian, kamu pasti sering tergoda untuk menggunakan uang tabungan untuk liburan. Belum lagi kalau lihat harga terbaru dari Japan Airlines di Traveloka, rasanya ingin langsung ambil cuti dan liburan ke sana deh. Tiket murah memang selalu jadi racun.

Untuk berbagai kesempatan naik pesawat, mungkin kamu tidak pernah ketinggalan bawa sweater rajut kesayangan. Ya, kalau pakai penerbangan jarak jauh, bawa sweater rajut memang paling pas untuk menghangatkan tubuh. Selama ini, apakah kamu sudah merawat sweater rajut dengan cara yang tepat?


1. Jangan Digantung Pakai Hanger
Sweater rajut memiliki bahan yang mudah tersangkut. Meski bahannya tebal sekalipun, tekstur rajutan harus dijaga dengan baik. Salah satu cara yang mudah adalah dengan menjaga pola rajutan agar tidak terkoyak. Makanya, sweater rajut lebih baik disimpan dengan cara dilipat. Kalau kamu menyimpannya dengan menggunakan hanger, pola rajutan berpotensi rusak karena terpengaruh gaya gravitasi saat digantung. Belum lagi ka…