Skip to main content

Berikut Desain Rumah Ala Jepang yang Nyaman dan Menyejukan

Berhadapan dengan udara panas merupakan salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh orang-orang yang tinggal di kota padat seperti Bogor. Kalau kamu salah satunya, mungkin kamu sedang mencari cara agar rumahmu tidak terpengaruh panasnya udara di luar. Untuk mengatasi masalah ini, desain rumah Jepang bisa menjadi salah satu solusinya. Budaya Jepang yang dikenal mengedepankan efisiensi, kesederhanaan dan kecintaan pada alam bisa terlihat jelas dari desain rumahnya. Rumah Jepang sendiri pada dasarnya berorientasi pada praktik Zen menggabungkan unsur-unsur alami dengan desain yang nyaman dan fungsional. Hasilnya, interior rumah Jepang tampak minimalis namun dapat memberikan efek menenangkan bagi penghuninya. Jika kamu ingin menciptakan atmosfer sejuk dan perasaan rileks di dalam rumah di Bogor yang murah, berikut desain rumah ala Jepang yang bisa kamu ikuti.

Desain Rumah Ala Jepang

Kolam di dalam ruangan
Ini dia desain rumah Jepang unik lain yang bisa menciptakan atmosfer sejuk dalam ruangan. Air yang merupakan simbol kedamaian dan kesejahteraan, menghasilkan oksigen yang dapat membuat udara di rumah terasa lebih segar. Suara gemercik air pun dipercaya bisa membuatmu merasa rileks. Oleh karena itu, bukanlah hal aneh jika kolam dalam ruangan mampu memberikan efek menenangkan bagi penghuni rumah Jepang ini. Selain menciptakan suasana sejuk dan rileks, kehadiran kolam ikan minimalis dalam ruangan  tentu saja punya nilai estetika yang tinggi. Kombinasi air, ikan dan tanaman air akan memberikan tekstur menarik yang bisa mempercantik rumah Jepang yang kamu desain ini.

Rumah dengan Sliding Door
Salah satu desain rumah Jepang yang paling unik adalah adanya taman kecil yang dibangun di tengah bangunan. Mengusung konsep “bringing outdoor to indoor”, taman kecil ini bertujuan membantu sirkulasi udara segar tetap lancar dan cahaya alami dapat masuk ke seluruh sudut rumah. Maka itu, tidak jarang kalau rumah Jepang memiliki ventilasi yang lebih banyak dibandingkan rumah gaya lain. Biasanya, ruangan yang berada di sekitar taman dibatasi dengan pintu geser, atau yang pada rumah Jepang tradisional disebut shoji. Penggunaan pintu geser ini dimaksudkan agar cahaya matahari tidak terhalangi dan transisi antara dalam dan luar ruangan jadi seminimal mungkin.

Dominasi elemen kayu atau bambu
Elemen kayu atau bambu sangat umum ditemui di rumah Jepang karena keduanya dapat meningkatkan tampilan natural ruangan. Dinding, pintu, meja, kursi, bahkan pernak-pernik kecil terbuat dari kayu asli. Bambu juga tidak jarang digunakan sebagai hiasan dalam perumahan di Bogor yang murah. Untuk menambahkan elemen natural pada ruangan, kamu bisa mulai dengan berburu furniture kayu. Mengganti lantai dengan lantai kayu atau tatami juga bisa menjadi pilihan.

Furnitur minimalis
Nuansa sederhana dan tenang adalah fitur utama pada desain rumah Jepang. Pewarnaan yang seimbang serta detail yang lembut akan memberi kesan interior rumah ala Jepang yang elegan. Dengan suasana yang menyejukkan dan menenangkan seperti ini, jangan heran jika kamu merasa semakin betah berada di rumah Jepang ini. Pilihan furniture modern yang terbuat dari kayu asli dan disusun dengan simetris menciptakan tampilan yang rapi, sesuai dengan karakteristik desain ala rumah Jepang. Cari furnitur dengan ukuran kecil atau pendek yang membuat dinding memiliki lebih banyak ruang kosong.

Open space dan pencahayaan alami
Karakteristik desain ala rumah Jepang lainnya adalah open space dan pencahayaan alami. Cahaya matahari yang mengisi rumah dapat menambah warna natural dan menciptakan tampilan ruangan yang menenangkan. Lalu, bagaimana agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah? Desain jendela yang lebar pada rumah Jepang kamu dan pastikan tidak ada yang menghalangi jendela, misalnya gorden yang tebal dan berat. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan tirai transparan atau bahkan tirai bambu untuk menambah tampilan natural. Dengan open space yang luas di dalam rumah Jepang, cahaya matahari tidak akan membuat panas ruangan. Sebaliknya, cahaya hangatnya akan menyebar hingga ke sudut ruangan— memberikan kesan alami yang menenangkan serta menyejukkan pikiran.

Interior dengan warna netral
Untuk mempertahankan konsep desain yang natural, rumah Jepang menggunakan warna-warna netral yang selaras dengan alam. Warna coklat atau hitam dari elemen kayu dan hijau dari tanaman biasanya mendominasi ruangan. Lantai rumah Jepang umumnya menggunakan kayu atau ubin batu abu-abu. Sedangkan untuk dinding, warna yang biasanya digunakan adalah putih, krem, atau coklat muda. Warna-warna terang tidak disarankan untuk desain ala rumah Jepang. Mengusung konsep desain yang natural dan sederhana, warna-warna netral sangat penting untuk membangun keseluruhan tampilan ruangan. Untuk mengatasi kemonotonan pada rumah Jepang, kamu bisa menggunakan warna-warna gelap atau berani dari corak tanah atau bebatuan, misalnya merah atau oranye tua.

Jika dilihat sekilas, desain ala rumah Jepang memiliki kemiripan dengan banyak desain interior kontemporer lain yang berfokus pada tampilan simpel, rapi dan minimalis. Namun, fokus ruangan pada elemen natural dan penggunaan furnitur dengan tinggi minimal memberikan sentuhan tradisional yang khas, berbeda dari desain lainnya. Apa kamu jadi tertarik memiliki perumahan di Bogor yang murah seperti rumah Jepang.

Comments

Popular posts from this blog

5 Sabun Transparan Terpopuler untuk Kecantikan

Penggunaan sabun wajah untuk membersihkan dan membuat kulit lebih cerah saat ini memang cukup marak. Salah satu sabun wajah yang digunakan adalah sabun transparan.

Di antara sabun tersebut, ada yang dibuat secara maklon atau customize sesuai kebutuhan Kamu. Nah, apa saja sih sabun tanpa warna yang terpopuler dan aman untuk kecantikan?

1. Sabun Transparan Pears
Sabun transparan pertama yang bisa Kamu pilih adalah sabun Pears. Sabun ini memiliki khasiat bisa membuat Kamu tampak lebih awet muda dan membuat kulit Kamu jadi lebih lembut.

Sabun ini mengandung minyak alami dan gliserin murni. Busanya juga lembut dan membuat Kamu nyaman tatkala menggunakannya.

2. Sabun Transparan ADEV Natural
Salah satu sabun transparan terpopuler dan sabun transparan terbaik di Indonesia yang memiliki manfaat untuk memutihkan wajah, mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan kulit adalah sabun transparan ADEV Natural.

Sabun yang satu ini merupakan sabun customize yang dibuat sesuai dengan kebutuhan Kamu. Sabun i…

Peralatan Kecil Wajib Dibawa untuk Mendaki Gunung

Mendaki gunung kini semakin digemari. Bila Anda selanjutnya ingin mendaki, jangan lupa membawa peralatan kecil ini, hukumnya wajib!

Dihimpun dan dari berbagai pengalaman, dalam mendaki gunung beberapa tahun ke belakang, ada beberapa peralatan wajib yang perlu kamu bawa. Setidaknya, peralatan ini akan selalu menempel atau ada di sekelilingmu.


Saya tidak akan membahas peralatan utama pendakian seperti tenda, jaket, sepatu gunung, hingga nesting. Melainkan peralatan kecil atau pelengkap yang juga sangat penting, berikut daftarnya:

1. Peta jalur pendakian
Peta atau maps pendakian sangat penting kalian bawa. Fungsi utamanya untuk mengetahui di mana kalian berada dan berapa jarak estimasi kalian ke puncak, lainnya untuk menghindari kalian tersesat.

Peta ini dapat kalian peroleh di basecamp atau mengunduhnya di ponsel.

2. Pisau lipat
Kalau kalian mendaki di gunung yang sudah jelas jalur pendakiannya cukuplah membawa pisau lipat atau jangan membawa parang dan barang tajam yang besar sejenisnya. Pisa…

Tips Praktis dan Murah Merawat Sweater Rajut Kesayangan

Setiap baru gajian, kamu pasti sering tergoda untuk menggunakan uang tabungan untuk liburan. Belum lagi kalau lihat harga terbaru dari Japan Airlines di Traveloka, rasanya ingin langsung ambil cuti dan liburan ke sana deh. Tiket murah memang selalu jadi racun.

Untuk berbagai kesempatan naik pesawat, mungkin kamu tidak pernah ketinggalan bawa sweater rajut kesayangan. Ya, kalau pakai penerbangan jarak jauh, bawa sweater rajut memang paling pas untuk menghangatkan tubuh. Selama ini, apakah kamu sudah merawat sweater rajut dengan cara yang tepat?


1. Jangan Digantung Pakai Hanger
Sweater rajut memiliki bahan yang mudah tersangkut. Meski bahannya tebal sekalipun, tekstur rajutan harus dijaga dengan baik. Salah satu cara yang mudah adalah dengan menjaga pola rajutan agar tidak terkoyak. Makanya, sweater rajut lebih baik disimpan dengan cara dilipat. Kalau kamu menyimpannya dengan menggunakan hanger, pola rajutan berpotensi rusak karena terpengaruh gaya gravitasi saat digantung. Belum lagi ka…