Skip to main content

Peralatan Kecil Wajib Dibawa untuk Mendaki Gunung

Mendaki gunung kini semakin digemari. Bila Anda selanjutnya ingin mendaki, jangan lupa membawa peralatan kecil ini, hukumnya wajib!

Dihimpun dan dari berbagai pengalaman, dalam mendaki gunung beberapa tahun ke belakang, ada beberapa peralatan wajib yang perlu kamu bawa. Setidaknya, peralatan ini akan selalu menempel atau ada di sekelilingmu.

Peralatan Kecil Untuk Mendaki Gunung

Saya tidak akan membahas peralatan utama pendakian seperti tenda, jaket, sepatu gunung, hingga nesting. Melainkan peralatan kecil atau pelengkap yang juga sangat penting, berikut daftarnya:

1. Peta jalur pendakian
Peta atau maps pendakian sangat penting kalian bawa. Fungsi utamanya untuk mengetahui di mana kalian berada dan berapa jarak estimasi kalian ke puncak, lainnya untuk menghindari kalian tersesat.

Peta ini dapat kalian peroleh di basecamp atau mengunduhnya di ponsel.

2. Pisau lipat
Kalau kalian mendaki di gunung yang sudah jelas jalur pendakiannya cukuplah membawa pisau lipat atau jangan membawa parang dan barang tajam yang besar sejenisnya. Pisau ini amat berguna dalam pendakian kalian.

Fungsinya, pertama dapat digunakan sebagai pengganti sekop dalam menggali tanah untuk buang air besar. Kedua, menggantikan gunting. Ketiga, berjaga-jaga dari hewan buas.

3. Tali kecil
Tali kecil dalam pendakian sangatlah berguna. Kalian dapat menggunakannya untuk menguatkan pemasangan tenda atau flysheet agar tidak terbang saat terjadi badai.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk menggantungkan sampah di keril. Juga masih banyak fungsi lainnya.

4. Flysheet
Biasanya, pendaki yang sudah membawa tenda akan mengesampingkan untuk membawa flysheet. Padahal, peralatan satu ini terbilang penting.

Gunanya, untuk melapisi tenda jika terjadi badai. Kedua, sebagai penahan angin agar suhu di dalam tenda tak terlalu dingin. Ketiga, flysheet dapat dipasang untuk tenda memasak karena lebih ringkas.

5. Kompas
Kompas memang ada di ponsel pintar kalian. Tapi kompas fisik akan sangat membantu kalian mengetahui arah dengan pasti bila ponsel 'low battery'.

6. Powerbank
Powerbank amar berguna dan harus kalian bawa jika ingin mendaki. Anda dapat menggunakannya untuk mengisi daya di ponsel hingga semua peralatan elektronik yang sesuai.

7. Kantong serbaguna atau Plastik
Kantong serbaguna ini dapat kalian gunakan untuk memungut atau wadah sampah pendakian kalian sendiri. Tak hanya itu, kantong yang diusahakan kedap air ini dapat digunakan untuk mengemas pakaian kalian sebelum dimasukkan ke keril.

8. Ponco
Ponco atau jas hujan dari plastik adalah pilihan kedua jika traveler belum memiliki jaket pendakian anti air. Namun, sebaiknya Anda membawa ponco bila mendaki di musim penghujan.

9. Obat-obatan
Kadang kita merasa fit saat akan dan memang wajib demikian bila ingin melakukan pendakian. Namun, Anda harus membawa obat-obatan dasar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena, bukan hanya Anda yang butuh obat jika terjadi sesuatu. Tapi, Anda pasti memiliki teman satu pendakian atau pendaki lainnya yang pasti bakal membutuhkan obat itu.

10. Senter
Banyak kabar soal pendaki pemula yang abai untuk membawa senter. Karena, ada yang berpikir mereka telah membawa ponsel yang dilengkapi flash.

Namun, ada baiknya kamu membawa senter karena sangat berguna jika mendaki di malam hari. Efeknya, baterai ponsel kalian pun tak akan cepat terkuras.

11. Trekking pole atau tongkat
Tongkat di sini bukan hanya amat berguna saat mendaki. Tak hanya itu, fungsi tongkat ini juga dapat digunakan sebagai penguat tenda agar tak terbang saat badai.

Trekking pole juga berguna saat Anda turun karena sebagai kaki perpanjangan ketiga bahkan keempat. Dan pakailah knee support atau deker kaki agar menghindari keseleo.

Comments

Popular posts from this blog

5 Sabun Transparan Terpopuler untuk Kecantikan

Penggunaan sabun wajah untuk membersihkan dan membuat kulit lebih cerah saat ini memang cukup marak. Salah satu sabun wajah yang digunakan adalah sabun transparan.

Di antara sabun tersebut, ada yang dibuat secara maklon atau customize sesuai kebutuhan Kamu. Nah, apa saja sih sabun tanpa warna yang terpopuler dan aman untuk kecantikan?

1. Sabun Transparan Pears
Sabun transparan pertama yang bisa Kamu pilih adalah sabun Pears. Sabun ini memiliki khasiat bisa membuat Kamu tampak lebih awet muda dan membuat kulit Kamu jadi lebih lembut.

Sabun ini mengandung minyak alami dan gliserin murni. Busanya juga lembut dan membuat Kamu nyaman tatkala menggunakannya.

2. Sabun Transparan ADEV Natural
Salah satu sabun transparan terpopuler dan sabun transparan terbaik di Indonesia yang memiliki manfaat untuk memutihkan wajah, mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan kulit adalah sabun transparan ADEV Natural.

Sabun yang satu ini merupakan sabun customize yang dibuat sesuai dengan kebutuhan Kamu. Sabun i…

Tips Praktis dan Murah Merawat Sweater Rajut Kesayangan

Setiap baru gajian, kamu pasti sering tergoda untuk menggunakan uang tabungan untuk liburan. Belum lagi kalau lihat harga terbaru dari Japan Airlines di Traveloka, rasanya ingin langsung ambil cuti dan liburan ke sana deh. Tiket murah memang selalu jadi racun.

Untuk berbagai kesempatan naik pesawat, mungkin kamu tidak pernah ketinggalan bawa sweater rajut kesayangan. Ya, kalau pakai penerbangan jarak jauh, bawa sweater rajut memang paling pas untuk menghangatkan tubuh. Selama ini, apakah kamu sudah merawat sweater rajut dengan cara yang tepat?


1. Jangan Digantung Pakai Hanger
Sweater rajut memiliki bahan yang mudah tersangkut. Meski bahannya tebal sekalipun, tekstur rajutan harus dijaga dengan baik. Salah satu cara yang mudah adalah dengan menjaga pola rajutan agar tidak terkoyak. Makanya, sweater rajut lebih baik disimpan dengan cara dilipat. Kalau kamu menyimpannya dengan menggunakan hanger, pola rajutan berpotensi rusak karena terpengaruh gaya gravitasi saat digantung. Belum lagi ka…